SELAMAT DATANG di DUNIA TELEMATIKA INDONESIA

Blog Dunia Telematika Indonesia adalah sebuah Forum untuk Berkomunikasi, Berdialog dan Penyampaian Informast Terbaru tentang berbagai Permasalahan Telematika di Indonesia, serta berbagai Pemasalahan Nasional yang strategis untuk dibahas di Forum ini.

Semoga dengan kehadiran Blog "DuniaTelematika" masyarakat telematika Indonesia dan masyarakat Indonesia akan makin berkembang dan maju pesat untuk memajukan perekonomian Indonesia.

AdBrite

Rabu, 19 Maret 2008

Tips untuk Tidak Menggunakan Software Illegal

Bapak2, Ibu2 dan Kawan2 yang kami hormati,

PRESS RELEASE Hasil Survey/Polling Penggunaan Software Illegal sampai dengan hari ke-7 Minggu, 23 Maret 2008 menghasilkan Score sbb:

Operating System Proprietary (Windows/Mac) Legal dan SW Aplikasi Proprietary Legal: 12 (2%)

Operating System Proprietary (Windows/Mac) Legal dan SW Aplikasi Open Source: 31 (7%)

Operating System Linux dan SW Aplikasi Open Source: 63 (14%)

Operating System Proprietary (Windows/Mac) Illegal dan SW Aplikasi Open Source: 7 (1%)

Operating System Proprietary (Windows/Mac) Illegal dan SW Aplikasi Illegal (atau Legal+Illegal): 328 (74%)



Total Responden adalah 441 orang, dan rasio Penggunaan SW Illegal vs SW Legal adalah sebesar 75% (335 responden) vs 23% (96 responden).

Walaupun % Penggunaan SW Illegal hasil Survey/Polling ini sebesar 75%, yang masih dibawah angka yang sering dikutip pihak asing sebesar 85%, namun kami khawatir bila angka tersebut meningkat mendekati 85% atau bisa jadi lebih besar dari angka tersebut diatas, sejalan dengan meningkatnya jumlah pesarta Survey/Polling.

Ada empat penyebab utama mengapa banyak para pemakai Komputer/PC/Laptop di Indonesia memakai SW Illegal, yaitu:

1.Harga Software Proprietary yang sangat tinggi dibandingkan dengat daya beli masyarakat Indonesia pada umumnya, menyebabkan banyak yang mengambil jalan pintas untuk melakukan pembajakan Software Proprietary.
2.Kebiasaan Masyarakat Indonesia pada umumnya yang sudah mendarah-daging menggunakan Software Proprietary berbasiskan MS Windows.
3.Murahnya dan mudahnya Masyarakat Indonesia untuk memperoleh Software-software Proprietary Bajakan.
4.Kurangnya sosialisasi dan promosi penggunaan Software Open Source sebagai alternatif yang sangat tepat, karena dapat diperoleh secara gratis atau murah tanpa melanggar UU HAKI.

Dalam kerangka untuk membangun Masyarakat Indonesia yang tertib hukum dan dalam rangka untuk meningkatkan citra Bangsa dan Negara Indonesia di dunia Internasional, maka kami menyarankan agar:

1.Bagi Perusahaan/Lembaga/Instansi/Individu yang memiliki dana yang cukup, maka dipersilahkan untuk menggunakan Software-software Proprietary Legal (ber-Lisensi) sesuai kebutuhannya.
2.Bagi Perusahaan/Lembaga/Instansi/Individu yang hanya memiliki dana yang terbatas, maka direkomendasikan untuk menggunakan:
Software Operating System Proprietary (Windows/Mac) yang Legal (ber-Lisensi) dan Software Aplikasi Open Source atau kombinasi SW Aplikasi Open Source dan Proprietary Legal
Operating System Open Source dan SW Aplikasi Open Source

Kami ingin tambahkan pula bahwa saat ini telah tersedia di Internet yang dapat di-download secara gratis, sebuah paket lengkap Software2 Aplikasi, yaitu Multimedia Office dari Plata Software buatan Spanyol (ber-lisensi GPL -General Public License), yang berisikan:

1.MultimediaOffice Audacity Sound Editor
2.MultimediaOffice Base (Data Base)
3.MultimediaOffice Calc (Excel)
4.MultimediaOffice Draw (Paint)
5.MultimediaOffice GIMP Image Editor (Photoshop)
6.MultimediaOffice Impress (Power Point)
7.MultimediaOffice Math (Mathematical expressions)
8.MultimediaOffice Opera web Browser
9.MultimediaOffice Thunderbird e-mail (Outlook Express)
10.MultimediaOffice Virtual Dub Video
11.MultimediaOffice Writer (Word)

Kesemuanya di-kompress dalam satu file sebesar 52 Mbytes.
Lokasi URL dari Plata Software Inc,. adalah di:

http://www.platasoft.eu/main/?

Kami harapkan informasi ini dapat dengan drastis menurunkan Tingkat Penggunaan Software Illegal di Indonesia, bila mungkin menjadi yang ter-rendah di Dunia. Insya Allah!

Wassalam,
S Roestam

Tidak ada komentar:

Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL)

Software Apakah yang Anda pakai di PC-Laptop Anda?

Tabel Tingkat Penggunaan SW Illegal 2006

Tabel Tingkat Penggunaan SW Illegal 2006
Hasil Survey BSA 2006