SELAMAT DATANG di DUNIA TELEMATIKA INDONESIA

Blog Dunia Telematika Indonesia adalah sebuah Forum untuk Berkomunikasi, Berdialog dan Penyampaian Informast Terbaru tentang berbagai Permasalahan Telematika di Indonesia, serta berbagai Pemasalahan Nasional yang strategis untuk dibahas di Forum ini.

Semoga dengan kehadiran Blog "DuniaTelematika" masyarakat telematika Indonesia dan masyarakat Indonesia akan makin berkembang dan maju pesat untuk memajukan perekonomian Indonesia.

AdBrite

Rabu, 04 Juni 2008

Tips menghindari Stress di Era Masyarakat Informasi: Kerja, kerja terus, E-mail, SMS, Voicemail, Baca berita, Nge-Blog, Bayar tagihan..

Di Era Masyarakat Informasi yang saat ini kita geluti, manusia dituntut kerja makin lama, sebab makin banyak informasi yang harus kita cerna-kan dan tindak-lanjuti tiap hari. Belum lagi adanya target-target yang harus kita capai tiap hari sebagai bagian dari evaluasi kinerja kita baik oleh atasan langsung maupun para Stakeholders Perusahaan. Tugas kerja dirumah-pun dari hari-ke-hari makin menumpuk untuk segera kita selesaikan.

Mungkinkah kita bekerja seperti Komputer canggih dengan sistem Multi-Tasking? Ternyata hal ini juga tidak direkomendasikan, sebab hasilnya tidak akan baik, sebab dampak dari multi-tasking oleh manusai, ada task/tugas yang kita kerjakan menjadi tidak optimal, artinya, ada tugas-tugas yang kita lakukan dengan tanpa pemikiran yang matang (sebab kita harus cepat mengerjakannya untuk melangkah ke tugas-tugas lainnya).

Lihat saja di rapat-rapat para Eksekutif, berapa banyak diantara mereka yang saat ini yang melakukan kerja dengan Sistem Multi-Tasking: sambil rapat membaca dan menjawab e-mail di HP Blacberry mereka, atau SMS/panggilan telpon di HP mereka? Mereka tentu harus mengurangi konsentrasi dalam rapat itu, sehingga hasil yang diperoleh tidak bisa optimal dibandingkan bila mereka bisa berkonsentrasi pada rapat itu, tidak terganggu oleh suara panggilan di HP, PDA atau PC mereka.

Kadang-kadang kita bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuat keputusan Rapat Eksekutif yang menguntungkan kita, sebab yang lainnya malakukan Kerja Multi-Tasking, sedang kita memutuskan untuk berkonsentrasi pada persoalan yang sedang dihadapi.

Kepercayaan yang tinggi pada teknologi canggih yang serba bisa, membuat kita melakukan kerja multi-tasking, sehingga kehilangan konsentrasi kerja. Hasilnya malah menjadi tidak optimal.

Otak kita memang dibuat seperti scanner, menyapu berbagai informasi secara cepat, tanpa mendalaminya, dan hanya sekali-sekali berkonsentrasi pada satu dua hal yang terlihat penting.

Email adalah salah satu contohnya. Berapa lama kita membuang waktu kerja kita yang berharga, hanya sekadar ingin mengikuti perkembangan mutakhir dari Milis yang kita ikuti? Akankah dunia ini berhenti berputar kalau kita tidak mengirim e-mail dan mengisi Blog selama 1-2 minggu?

Di Era Masyarakat Informasi dewasa ini, kita menerima lebih banyak informasi dalam 3 hari dibandingkan dengan di masa orang tua kita dalam 1-bulan. Diperlukan ketrampilan khusus untuk menanggulangi serbuan ribuan Megabytes Informasi masa kini.

Tidak ada komentar:

Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL)

Software Apakah yang Anda pakai di PC-Laptop Anda?

Tabel Tingkat Penggunaan SW Illegal 2006

Tabel Tingkat Penggunaan SW Illegal 2006
Hasil Survey BSA 2006